Senin, 13 Februari 2012

solusi yamaha mio mendadak mati dan susah dihidupkan

Untuk matik yang satu ini yamaha mio sering mendadak mati dan susah intuk dihidupkan.
lagi enak-enaknya mengendarai  yamaha mio tiba-tiba amper bensin mulai menunjukan tanda motor minta untuk segera mengisi bensin,setelah mengisi bensin,pas motor di stater/bahkan di slah pun motor tetap aja ga mau hidup...nah looooh......menjengkelkan bukan.
  Disini saya akan membari tau,kenapa itu bisa terjadi pada yamaha mio kesayangan anda.
yamaha mio bisa mendadak mati dan susah dihidupkan,itu terjadi karena ada kebocoran kompresi
Kebocoran kompresi bisa terjadi karena kerusakan ring seher dan klep
1.untuk yang baru gejala adanya kerusakan pada 2 komponen tersebut itu masih bisa di atasi dengan cara mendiamkan yamaha mio anda selama 5 menit, setelah itu baru bisa anda stater/di slah kembali dan biasanya motor hidup kembali.
2.untuk yang agak parah kerusakannya pada 2 komponen tersebut,itu juga masih bisa diatasi dengan cara gas dibuka penuh sambil di slah-slah
apabila mesinnya sudah hidup,biarkan dulu gas di buka penuh sampai suara mesinnya meraung
3.untuk yang sudah parah kerusakannya pada 2 komponen tersebut,itu berarti motor yamaha mio anda sudah minta untuk di perbaiki pada 2 komponen tersebut.
artikel ini saya buat menurut pengalaman saya di tempat kerja(bengkel).
Cukup sekian dulu dari saya,semoga artikel yang saya buat ini bisa membantu dan bermanfaat buat anda yang mempunyai sepeda motor yamaha mio mendadak mati dan susah dihidupkan.

Tetap semangat dan bahagia selalu.......salam blogger.

20 komentar:

  1. Itu ring seher ama klep harus diganti ato bisa diservice? ongkos berapa ya?

    BalasHapus
  2. Tergantung kondisinya mas,apa komponen tersebut masih bisa di service apa ngga...tergantung ketelitian mekanik dalam hal itu.
    kalo BORINGnya masih mulus,cukup ganti ring sehernya,tp kalo udah ngagentong(bahasa sunda)itu harus di korter.
    Klep,kalo daun klepnya udah pada tipis,ya harus di ganti,tp klo masih bagus cukup di skir doang dan jangan lupa untuk mengganti sil klepnya(harus yang ori)
    kalo masalah biaya itu juga tergantung kerusakannya,maaf saya kurang tau,soalnya itu urusan atasan saya....tp klo menurut perhitungan saya kira kira sekitar 300an untuk biaya seher+ring seher ori+korter+ongkos bongkar pasang,ini cuma kira kira saya.

    BalasHapus
  3. jawaban ini baru yg sering di alami oleh para pemakai mio.....klo jawaban yg menyangkut pengapian kayanya kurang masuk akal...

    BalasHapus
  4. Bisa juga dari pengapian,,tp itu cukup di cek dari kabel koil ke busi,,
    Tapi jarang juga sih yg mengalami masalah seperti itu...paling banter kabel-kabelnya di gerogotin tikus hehheeee.

    BalasHapus
  5. Bos mio gw pengapian.a ga ada kta tkang bngkel.a cdi.a apa bner ya

    BalasHapus
  6. Coba cek kabel masa (warna hitam) dibawah bok aki,nyambung apa ngga.

    Periksa kiprok

    CDI juga bisa mati karena memakai kiprok mitasi.

    semoga bisa membantu YAMAHA MIO anda.

    BalasHapus
  7. mksih info.y gan..
    slam knal jga by Adam
    ^_^,

    BalasHapus
  8. bro mw nnya nih...mio ane th2006 klo lg jlan skitar 40km keatas trasa bergetar tp getaran nya patah2,kirain penbel nya pdhal udah dganti sma yg baru tp ttep aja..apalagi klo lg manteng gas di atas 60km getran nya kerasa banget.kira2 bro itu apanya ya??

    BalasHapus
  9. mau tanya terkait kendala suara yang ngorok dan berisik untuk motor mio 2006.Terima kasih

    BalasHapus
  10. sama rekomendasi bengkel yang bagus di Jakarta selain bengkel resmi yamaha (terlalu mahal spare partnya)

    BalasHapus
  11. motor mio ane thn 2008, motor ane klo udah menempuh jarak 10 km klo d'matikan susah untuk d'nyalahkan lgi,knpa y boz??? apa spul magnet'y??? cdi udah ane ganti sma yg oRi busi baru

    BalasHapus
  12. Knpa ya tiba tiba motor mioku sering gak bisa di hidupkan, padahal tdinya hidup, tlg minta bantuanya

    BalasHapus
  13. Setelan klep di renggangkan

    BalasHapus
  14. Di lembiru aja meong'nxaaa.....

    BalasHapus
  15. Mio ana nih bener" kaga ada kompresinya padahal seher ma ringnya baru,knpa yah

    BalasHapus
  16. Bro mio ane ga bisa di hidupin, pas di kontak bunyi indikator biasa, pas abis di stater mesin ga hidup tapi bunyi indikator nyala dan ga mau berenti, mohon infonya bro

    BalasHapus
  17. Bro punya saya Mio Soul lama, noken as'nya jebol, diganti baru, sama ring seher'nya. setelah diganti, mionya tak mau hidup, kompresinya bagus, cuman pada manipol udaranya tidak menghisap sebaliknya membuang keluar. Bgaimana solusinya? mohon sarannya..thx.

    BalasHapus
  18. Bro kalo bunyi gretek kaya suara klep gitu di bagian spul mjo itu kenapa ya?

    BalasHapus
  19. Om klo cdi mati bisa di benerin ga klo bisa kabarin om yg daerah jakarta ajha ini no hp saya 08888345982

    BalasHapus